Image of Selamat Tinggal Minyak Tanah, Selamat Datang LPG: rekam jejak program konversi minyak tanah ke lpg, menuju ketahanan energi nasional

Text

Selamat Tinggal Minyak Tanah, Selamat Datang LPG: rekam jejak program konversi minyak tanah ke lpg, menuju ketahanan energi nasional



Pelaksanaan konversi minyak tanah ke LPG yang hanya berlangsung tiga tahun layak disebut luar biasa. Sebab, konversi energi yang merupakan social engineering exercise berhasil mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat yang tentunya bukan pekerjaan mudah.
Alvin Lee (Pengamat Ekonomi)

Keberhasilan konversi minyak tanah ke LPG menjadikan rakyat Indonesia tidak lagi terbelakang dan kini beralih ke LPG yang sebelumnya kerap disebut sebagai bahan bakar for the have. Dan harus diakui gaya cepat dan tepat Muhammad Jusuf Kalla yang saat itu adalah Wakil Presiden RI menjadi penetu percepatan program nasional itu, sekaligus membuka mata masyarakat Indonesia yang masih sangat paternalistik. Di lain pihak, cara kerja Pertamina yang terpola dan terorganisir baik menjadikan proses perjalanan program ini berlangsung smooth.
Lala M. Kolopaking, Ph. D (Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Institut Pertanian Bogor)

Menjaga kualitas infrastruktur dan paket program konversi harus dilakukan dan tak boleh diabaikan, bila ingin program konversi terus berlanjut. Ini berkaitan dengan keamanan konsumen yang berimbas pada tingkat kepercayaan masyarakat. Sejatinya tugas dan fungsi pengawasan tak hanya dibebankan pada Pertamina. Peran lembaga dan instansi lain digalakkan dengan pemerintah selaku koordinator.
Ir. Huzna Zahir, MA (Ketua Harian YLKI)

Menghadapi banyaknya ledakan kompor dan tabung LPG, tak ada pilihan lain bagi pemerintah selain harus segera melancaarkan strategi alignment. Maksudnya, pemerintah harus mampu menyatukan kepentingan berbagai pihak yang terlibat dalam Program Konversi ke LPG, demi menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat pengguna LPG dan sekaligus mengawal keberlangsngan Program Konversi ke LPG secara konsisten.
Prof. Rhenald Kasli (Ketua Program Magister Manajemen Universitas Indonesia)

Keberhasilan Program Konversi ke LPG sebetulnya karena tingginya motivasi, dedikasi dan kecepatan para awak Pertamina dalam melaksanakan Program konversi ke LPG. Apa yang sudah dilakukan Pertamina memberikan dampak tidak kecil bagi rakyat di negeri ini. Keberhasilan program konversi berarti pula memberikan kontribusi besar terhadap negara atas berkurangnya subsidi minyak tanah yang selama ini sangat membebani.
Purnomo Yusgiantoro (Menteri Pertahanan RI periode 2009-2014, mantan menteri ESDM)


Availability

5294/PUP/2017333.823309598 OSM s c.1Perpustakaan Universitas PertaminaAvailable
3414/PUP/2017333.823309598 OSM s c.2Perpustakaan Universitas PertaminaAvailable
3351/PUP/2017333.823309598 OSM s c.3Perpustakaan Universitas PertaminaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
333.823309598 OSM s
Publisher Dian Rakyat : Jakarta.,
Collation
xvii, 304 p. : Illust. ; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789740783331
Classification
333.823309598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Department(s)

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this