Image of Self Driving : menjadi driver atau passenger ?

Text

Self Driving : menjadi driver atau passenger ?



Rhenald Kasali adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi, UI. Beliau adalah praktisi manajemen dan telah menulis sekian judul buku perubahan dan manajemen.

Selain aktif sebagai dosen beliau juga aktif memimpin transformasi perubahan melalui Social Enterprise: Rumah Perubahan. Beliau pernah beberapa kali terlibat dalam panitia seleksi calon pimpinan KPK. Nasehatnya sering diminta oleh dunia usaha dan para top executive.

Buku Self Driving ini adalah salah satu buah pikirannya dari hasil pengamatan, pengalaman, dan perenungan panjang terhadap dunia pendidikan. Menurutnya, sebagian besar lulusan sekolah dan perguruan tinggi hanya siap menjadi “passenger” bukan “driver”.

Mental “passenger” dan “driver” adalah dua hal yang bertolak belakang. Beliau memberikan contoh, passenger itu hanya menumpang, tidak harus tahu arah jalan, boleh mengantuk, bahkan tertidur juga boleh. Tapi driver mengemudikan “kendaraan” menuju titik tertentu, mutlak harus tahu jalan, dan dilarang mengantuk apalagi tertidur.

Beberapa kelebihan buku ini, antara lain:

Penulisnya piawai bertutur dan menjelaskan setiap konsep dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami;
Dilengkapi dengan contoh-contoh kasus yang kongkrit sehingga memudahkan pembaca memahami konsep yang sedang dibahas;
Pengalaman penulis yang disajikan dalam buku ini menjadi nilai tambah tersendiri sehingga tidak melulu soal teori dan konsep abstrak;
Setiap bagian disajikan dengan begitu apik sehingga pembaca menikmati setiap paparan di tiap babnya.
Sedangkan untuk kekurangan, terus terang saja saya sulit menemukan kekurangan buku ini. Sebagai seorang pakar manajemen beliau telah berhasil menjadikan pemikiran-pemikirannya membumi. Hanya satu bagian kecil yang bisa sampaikan yaitu latihan-latihannya perlu ditambahkan lagi agar lebih seru lagi.

Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh setiap generasi dan kalangan. Khususnya bagi mereka yang sedang membutuhkan panduan untuk bertransformasi dan mengubah mindset. Jadilah “Good Driver”, negeri ini membutuhkan driver-driver handal yang mampu memandu ke arah yang lebih baik.

Salam perubahan.


Availability

6704/PUP/2018155.25 RHE s C.1Perpustakaan Universitas PertaminaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
155.25 RHE s
Publisher Mizan Pustaka : Jakarta.,
Collation
xiv, 272 p. : illust. ; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789794338513
Classification
155.25
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Ed. 1st
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Department(s)

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this